Agenda Rapat Paripurna Tanggal 29 Maret 2021, Dimana dalam Rapat Paripurna Tersebut Dihadiri Oleh 30 Anggota DPRD, Bupati Ciamis Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Dan Penghargaan Yang Setinggi-Tingginya, Dimana Setiap Fraksi Berkenaan Memberikan Pandangan Umum Yang Menyatakan Bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Ciamis Tahun 2020 Disetujui Untuk Dibahas pada Tahapan Berikutnya. Semoga Kemitraan Pemerintah Kabupaten Ciamis Dan DPRD Dapat Terus Ditingkatkan Dalam Upaya Mewujudkan Kepemerintahan Yang Baik.

Pada Kesempatan Ini Bupati Ciamis Menyampaikan Tanggapan Dan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Ciamis Tahun 2020 Sebagai Berikut: Secara Umum Pelaksanaan Program Dan Kegiatan Tahun 2020 Telah Mengarah Pada Pencapaian Visi Dan Misi Yang Tertuang Dalam RPJMD Tahun 2019-2024. Beberapa Capaian Kinerja Secara Bertahap Juga Telah Berhasil Dicapai, Namun Di Sisi Lain Kita Juga Dihadapkan Pada Situasi Kondisi Yang Sangat Mempengaruhi Pelaksanaan Pembangunan Yaitu Adanya Pandemi Covid-19 Yang Berdampak Kepada Seluruh Sektor Pembangunan Dan Kehidupan Masyarakat. Namun Bukan Berarti Hal Ini Menjadi Alasan Untuk Tidak Bekerja Dan Berkarya Dengan Baik, Justru Harus Menjadi Tantangan Untuk Lebih Giat Dan Semangat Dalam Bekerja Dan Berkarya Mewujudkan Cita-Cita Dalam Membangun Kabupaten Ciamis. Hal Ini Ditunjukan Dengan Peningkatan Capaian Indikator Kinerja Makro Daerah Seperti Indeks Pembangunan Manusia, Pencapaian Usia Harapan Hidup, Harapan Lama Sekolah, Dan Rata-Rata Lama Sekolah Yang Meningkat Dari Tahun Sebelumnya.

Source : Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis; 2021

Selanjutnya Berkenaan Dengan Pendapatan Daerah Tahun 2020, PAD Masih Merupakan Kontributor Terkecil Dibandingkan Dengan Lain-Lain Pendapatan Yang Sah Dan Dana Perimbangan. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Keuangan Kabupaten Ciamis Memiliki Ketergantungan Yang Masih Tinggi Kepada Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Provinsi, Sehingga Kita Harus Berupaya Seoptimal Mungkin Untuk Dapat Meningkatkan Kapasitas Fiskal Daerah.

Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kabupaten Ciamis Telah Melakukan Upaya-upaya Diantaranya Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pelaksanaan Pemungutan Pendapatan Daerah; Melakukan Intensifikasi Dan Ekstensifikasi Sumber Pendapatan Daerah Melalui Perhitungan Data Potensi Yang Optimal; Melaksanakan Pengawasan Dalam Peningkatan PAD; Melaksanakan Penyempurnaan Sistem Pendapatan Daerah; Serta Melaksanakan Sosialisasi Kesadaran Terhadap Wajib Pajak/Wajib Retribusi. Sehubungan Dengan PAD Yang Masih Rendah Sehingga Kami Mendorong Semua OPD Untuk Melakukan Terobosan Terobosan Dan Meningkatkan Kegiatan Pelaporan Serta Koordinasi Dengan Pemerintah Pusat Dan Pemerintahh Provinsi Terkait Pengalokasian Program/Kegiatan Serta Pendanaannya. Pemerintah Kabupaten Ciamis Selalu Berupaya Menggali Dan Mengelola Potensi Unggulan Daerah, Diantaranya Memacu Produk Unggulan Ciamis Yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Lokal Maupun Luar Kabupaten Ciamis Serta Mampu Bersaing Di Pasaran. Program Promosi, Kerjasama Dan Iklim Investasi Yang Baik Diharapkan Dapat Menarik Investor Untuk Menanamkan Modalnya Di Ciamis Guna Menekan Tingkat Pengangguran Dan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Ciamis.

Source : Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis; 2021

Dalam Bidang Pendidikan, Pada Masa Pandemi Covid-19 Sekarang Ini Pembelajaran Dilaksanakan Melalui Daring Dengan Pengawasan Dari Orang Tua Murid Dan Juga Tenaga Pendidik Sehingga Kualitas Murid Dan Belajar Murid Diharapkan Akan Semakin Baik. Dengan Melakukan Sosialisasi Untuk Memberikan Akan Upaya KePADa Masyarakat Pemahaman Dan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Dimana Peran Orang Tua Murid Untuk Bekerjasama Dengan Lembaga Pendidikan Sangat Penting. Diharapkan Tenaga Pendidik Juga Untuk Terus Melakukan Dan Inovasi Dalam Sektor Pendidikan Keagamaan. Selanjutnya, Dalam Bidang Kesehatan, Beberapa Keberhasilan Pembangunan Kesehatan Didukung Oleh Fasilitas Kesehatan Dasar; Peningkatan Sarana Dan Prasarana Di Pelayanan Kesehatan Dasar Dan Rujukan; Pemenuhan Tenaga Dan Biaya Operasional Kesehatan; Pemenuhan SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) Spesialis; Serta Pemenuhan Sarana Dan Dokter Prasarana/Alat Kesehatan Rumah Sakit. Berkaitan Dengan Kegiatan Yang Dikerjakan Oleh Pihak Ketiga Dalam Pemeliharaannya, Telah Dilakukan Tindak Lanjut Sesuai Dengan Ketentuan Yang Berlaku. Dan Terkait Dengan Target Juga Sasaran Pemerataan Infrsturktur Daerah Perbatasan, Pemerintah Daerah Memperhatikan Akan Mendorong Dan Berupaya Pembangunan Infrastruktur Daerah Perbatasan Yang Merupakan Gerbangnya Wilayah Kabupaten Ciamis Kami Sependapat Bahwa Pengembangan Sektor Wisata, Sektor Agropolitan. Industri Pengolahan, Dan Akan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Untuk Itu Pemerintah Kabupaten Ciamis Berkomitmen Dalam Pengembangan Infrastruktur Dan Suprastruktur Daerah Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Investasi, Melakukan Deregulasi Perijinan Baik Bagi Pengusaha Besar Maupun UMKM, Serta Melakukan Kerjasama Dengan Stakeholders, Dunia Usaha Secara Terpadu. Hal Ini Diharapkan Dapat Menekantingkat Pengangguran Dan Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Ciamis. Dalam Bidang Pengawasan, Kami Senantiasa Memberikan Pengawasan Dan Pembinaan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Desa, Agar Program Dan Kegiatan Yang Dilaksanakan Dapat Tepat Sasaran. Selanjutnya Dalam Bidang Aparatur Pemerintahan, Kami Melakukan Pembinaan Kepegawaian Dan Juga Memberikan Kesempatan Untuk Meningkatkan Pendidikan, Wawasan Dan Kompetensi Aparat Serta Memberikan Tunjangan Penghasilan Berbasis Kinerja, Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Yang Berorientasi Pada Pelayanan Masyarakat. LKPJ Bupati Ciamis Tahun 2020 Ini Merupakan Pertanggungjawaban Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024. Sebagaimana Dituangkan Dalam Dokumen LKPJ Yang Telah Disampaikan, Dan Berdasarkan Evaluasi Capaian Kinerja Pembangunan, Secara Umum Sudah Mengarah Terhadap Tercapainya Visi Yang Telah Ditetapkan Yaitu “MANTAPNYA KEMANDIRIAN EKONOMI NSEJAHTERA UNTUK SEMUA”

Diakhir Sidang Paripurna Pimpinan Rapat Menyusun Panitia Khusus RPJMD dimana Ketua Panitia Khusus ialah Sodara OHAN HIDAYAT dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Wakil Ketua H. UUS RUSDIANA dari Fraski Partai Keadilan Sejahtera.