• Wed. Dec 1st, 2021

ANGGOTA KOMISI D DPRD KABUPATEN CIAMIS KUNJUNGI LOKASI BENCANA BANJIR DI BANJARSARI DAN BANJARANYAR

Anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari Komisi D bidang kesejahteraan rakyat, hari rabu 28 Oktober 2020, mengunjungi lokasi bencana banjir di kecamatan Banjarsari dan kecamatan Banjaranyar. Kegiatan ini merupakan responsive dan kepedulian anggota DPRD Kab. Ciamis sebagai wakil rakyat  atas musibah yang menimpa warga masyarakat kabupaten Ciamis khususnya di kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar.

Dalam kunjungan  yang dipimpin langsung oleh ketua komisi D Sarif Sutiarsa, mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak akibat musibah banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi di kecamatan Banjarsari dan kecamatan Banjaranyar.

Kejadian yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2020, tengah malam akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan meluapnya debit air sungai Ciputrahaji dan Ciseel, sehingga merendam pemukiman warga dan mengakibatkan hanyutnya jembatan ampera.

Selain merendam pemukiman, banjir juga merusak beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan masjid, serta areal pertanian dan perikanan warga. “Ada beberapa factor yang menyebabkan bencana banjir ini, disamping kuasa alam juga diakibatkan ulah manusia itu sendiri. Gundulnya hutan sebagai penyangga air mengakibatkan debit air langsung turun sehingga mengakibatkan meluapnya sungai dan mengakibatkan banjir, “ ujar  Sarif Sutiarsa.

Dalam bincang langsung dengan warga terdampak, sarif sutiarsa bersama seluruh anggota komisi D menyampaikan rasa keprihatinannya atas musibah yang terjadi, serta akan menyampaikan kepada pemerintah daerah agar secepatnya memberikan bantuan yang bersifat urgen, seperti air bersih dan ketersediaan makanan, serta perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum yang rusak.

“Atas kejadian ini tentu kami tak akan tinggal diam, kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menanggulangi dan menangani kejadian ini secepatnya, sehingga beban penderitaan masyarakat tidak berlarut “ ujarnya. Lebih lanjut Sarif berharap seluruh pihak dapat mengambil pelajaran dari musibah ini agar lebih memperhatikan keseimbangan alam sehingga dapat tercipta keharmonisan hidup antara manusia dengan alam sekitar tempat tinggalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *